• Home
  • Posts RSS
  • Comments RSS
  • Edit
  • Tipe Data

    20 Jun 2013
    Tipe Data
    Di setiap bahasa pemrograman telah disediakan berbagai tipe data dan sebagai programer harus dapat memilih tipe data yang sesuai dengan karakteristik data yang akan diolah.
    Pada dasarnya simbol-simbol yang digunakan di komputer terdiri atas huruf, angka, dan tanda baca lainnya.
    Simbol-simbol tersebut merupakan elemen dari data dan memiliki tipe data.

    Umumnya tipe data terdiri atas karakter, teks atau string, dan numerik.
    Sesuai dengan kebutuhan pengguna yang terus bertambah, maka tipe data terus berkembang.
    Tipe Data Pada Pascal
    1.  Tipe data numeric
    2.  Tipe data character
    3.  Tipe data boolean

    Tipe Data Numeric
    Tipe data numeric merupakan tipe data bilangan atau angka.
    Tipe data numeric yang biasa digunakan terdiri dari :
    a.  Bilangan Bulat, yaitu :
           -  integer dengan jangkauan nilai -32768    32767
              - longint dengan jangkauan nilai -2147483648 .. 2147483647

    b.  Bilangan Pecahan, yaitu :
           -  real dengan jangkauan nilai 2,9 x 10-38 .. 1,7 x 1038
     
    Operasi terhadap tipe data numeric sama halnya melakukan perhitungan matematis atau aritmatika. Ada penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan sebagainya.

    Operator (operasi) aritmatika yang berlaku pada tipe data numeric sesuai urutan pengerjaannya :
    ^  :   perpangkatan
    *   :   perkalian
    /   :   pembagian
    +   :   penjumlahan
    -   :   pengurangan
    Selain kelima operator tersebut, ada operator khusus untuk mencari sisa pembagian yaitu : %

    Ada beberapa operasi tambahan yang biasanya disediakan bahasa pemrograman, seperti :

    Operator
    Kegunaan
    MOD
    Sisa hasil pembagian, misalnya MOD(10/3) = 1
    DIV
    Pembagian yang menghasilkan bilangan integer (bulat), misalnya DIV(10/3) = 3
    ABS
    Mempositifkan bilangan negatif,
    misalnya ABS(-45)=45
    INT
    Membulatkan bilangan real,
    misalnya INT(34.67) = 34
    VAL
    Menumerikkan bilangan yang disimpan dalam string, misalnya VAL(‘27’) = 27
    SQR
    Menghitung nilai akar dari, misalnya SQR(25) = 5
    TRUNC
    Membulatkan ke atas bilangan real, misalnya TRUNC(34,67) = 35

    Selain operator aritmatika, tipe data numeric juga membutuhkan operator relasional (penghubung) yaitu :
    =    :  sama dengan
    >    :  lebih besar dari
    <    :  lebih kecil dari
    <>   :  tidak sama dengan
    >=   :  lebih besar atau sama dengan
    <=   :  lebih kecil atau sama dengan

    Tipe Data Character
    Character adalah semua tombol yang terdapat pada keyboard atau lebih lengkapnya semua karakter yang terdapat pada kode ASCII.
    Tipe data character yang biasa digunakan terdiri dari :
    -char  yang hanya mampu menampung satu karakter
    -string merupakan kumpulan dari karakter (huruf, angka, simbol dan spasi) yang terletak diantara tanda kutip.
     
    Panjang string yang diijinkan antara 1 sampai 255 karakter.
    String umumnya digunakan untuk menyimpan data yang tidak perlu diproses secara matematis (aritmatika).

    Tipe Data Boolean
    Tipe data boolean merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai : TRUE atau FALSE .
    Tipe data logika (boolean)  biasa digunakan untuk melakukan pengecekan suatu kondisi dari suatu program.
     
    Kondisi yang dicek bisa berhubungan dengan variabel numeric maupun variabel character/string.
    Tipe data boolean mempunyai operator logika yaitu  AND, OR dan NOT.

    Tipe Data Logika
    AND
    AND adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 2 kondisi atau variabel yang ada. Jika kedua kondisi bernilai true, maka hasil operasi AND adalah true,  selain itu false.
    OR
    OR adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 2 kondisi atau variabel yang ada. Jika salah satu kondisi bernilai true, maka hasil operasi OR adalah true,  selain itu false.
    NOT
    NOT adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 1 kondisi atau variabel yang ada. Jika kondisi bernilai true, maka hasil operasi NOT adalah false, dan sebaliknya.


     
     

    0 komentar:

    Posting Komentar